Blogger Seorang Manchunian Sejati

Blogger Seorang Manchunian Sejati
Blogger Seorang Manchunian Sejati....Glory Glory Man United!!!

Jumat, 20 April 2012

Gw mencoba membagi ciri-ciri pengendara motor ngaco jadi beberapa jenis, apakah anda termasuk di dalamnya?..chekitout!!



Berdasarkan pengalaman yang gw dapat dan juga karna gw sering kesel dibuat oleh beberapa pengendara motor yang ngaco-ngaco ini, gw jadi terinspirasi untuk buat blog dimana dapat dijadikan salah satu wadah untuk menampung segala uneg-uneg gw. Dan sungguh ini adalah tulisan blog pertama gw. Oke tanpa banyak basa-basi lagi mari kita kembali ke topik. Karena banyaknya ciri-ciri pengendara motor yang ngaco ini, gw jadi berusaha membaginya menjadi 3 jenis pengendara-pengendara motor yang ngaco sebagai berikut ini:

1. Rada-rada ngaco

Pengendara motor jenis yang satu ini masih dalam tingkat ngaco yang terendah atau bisa dibilang agak ngaco lah, meskipun tidak dipungkiri orang-orang ini pun ngaco juga dalam berkendaraan. Pengendara motor jenis ini diantaranya punya ciri-ciri:
  • Punya spion yang kayak kincir angin Belanda

    Terkadang gw suka heran sendiri, sering banget gw nemuin motor yang jumlah spionnya sih dua, tapi spionnya itu kalo kena angin ikut muter-muter kayak kincir angin Belanda dimana semakin kencang anginnya semakin kencang putarannya..ckckck..kayaknya ini bisa jadi style baru dalam bermotor. 

  • Pakai helm tukang bangunan di jalanan kota

     

     

    Kalau ciri yang satu ini gw sedikit bimbang dah, apa pengendara motornya itu memang mau menunjukkan jati dirinya sebagai tukang bangunan, mandor ataupun orang kebun ke kalangan kota atau mereka memang takut kesulitan bernapas kalau pakai helm SNI. Tapi yang jelas setahu-seinget-sepengetahuan gw nih, kalo di jalanan kota itu wajib-kudu-harus pake helm SNI.

  • Roda sepeda

     

     

    Nah ini gw juga bingung dibuatnya, ngakunya punya sepeda motor tapi kok rodanya sepeda toh. Apalagi ditambah motornya diceperin pula. Waduh ga kebayang dah ribetnya kalau ngelewatin jalanan yang banyak polisi tidurnya.

  • Motor bebek atau matic dengan Knalpot toa dan banyak asap polusi 

     

     

    Ini nih juga salah satu yang bikin kesel hati, knalpotnya pakai toa yang berisiknya bukan maen udah gitu banyak asapnya pula. Apalagi kalau sengaja di gas keras-keras tuh motornya. kaco dah! Tapi gw masih maklum kalau motornya itu jenis moge yang memang notabene suara knalpotnya keras, dimana menunjukkan jati dirinya sebagai motor jantan nan macho, nah tapi kalau motor bebek atau matic bro?

2. Ngaco Semi Absolut

Jenis pengendara ngaco semi absolut ini berada di tingkat pertengahan dari ke'ngaco'an seseorang dalam bermotor, yang notabene mendekati level tertinggi yaitu Ngaco Absolut. Nah ciri-ciri pengendara motor yang ngaco dalam jenis ini diantaranya:
  • Suka nyempil di tengah-tengah

     

     

    Gw gak habis pikir nih sama ciri pengendara ngaco ini, hobi banget ya nyempil-nyempil(kayak upil aja dah). Mereka itu nyempilnya suka gak kira-kira dah, apalagi kalau lagi macet parah. Terkadang spion mobil pun jadi sasarannya, udah gitu yang nyenggol spion mobil itu pura-pura gak lihat dan kemudian menunjukkan tampang anak ingusan yang masih polos(emosi gw dibuatnya).  Lebih parah lagi nih, gw pernah lihat pengendara motor ngaco ini juga tetap berani nekad nan kekeuh nyelip di tengah-tengah 2 mobil gede yang lagi ngebut! Apa mereka gak pikir nyawa mereka ya? Nyawa itu lebih berharga coy!ngaco dah!

  • Anak-anak SD-SMP(Anak di bawah umur) udah bawa motor sendiri

     

     

    Gw gak habis pikir sama jaman sekarang kok bisa-bisanya anak-anak SD atau SMP yang masih dibilang bau kencur udah bisa bawa motor sendiri ke sekolah, padahal SIM pun gak punya. Gw aja jaman SD-SMP cuman naik becak atau naik angkot. Menurut gw ini udah kesalahan struktural dari ortu nya. Bagi gw ortu yang membiarkan anaknya yang masih di bawah umur  berkendara motor sendirian ke sekolah maupun ke jalanan kota adalah ortu-ortu yang gak bertanggungjawab!!terlaluu kalau kata bang haji. 

  • Ngelebihin marka jalan dan tiang lampu merah 

     

     

    Ini nih yang sering terjadi pas lampu merah dan sangat mengganggu kendaraan yang akan lewat dari jalur yang lain, banyak banget motor-motor yang ngelebihin marka jalan dan bahkan tiang lampu merahnya sehingga banyak makan jalan. Pengendara-pengendara motor ini hanya mengandalkan insitingnya ataupun nunggu diklaksonin sama kendaraaan lain sebagai pertanda lampu hijau udah nyala. ngaco dah!

  • Berkendara motor sambil SMSan ataupun telponan

     

     

    SMS gaak pernaah, telpon gaak pernaah!!(uppss sorry ngelantur dah gw)..Kembali ke topik. Nah yang ke'ngaco'an gini nih yang sering dilakukan  pengendara motor. Ini tindakan berbahaya kalau dilakukan karena sangat mengurangi daya konsentrasi kita saat berkendara motor. Kita gak akan pernah tahu kan lagi sik-asyik SMSan ataupun telponan eehh tiba-tiba "kecium" sesuatu. Masih mending kalau kecium wanita cantik nan manis nah kalau kecium mobil, truk, ataupun kontainer angkut tinja. Ciloko dah!

  • Gonceng lebih dari 1 penumpang di jalanan kota

     

     

    Untuk ciri yang satu ini gw pernah ngeliat nih di jalanan kota ada satu keluarga yang terdiri dari suami, isteri, 2 anak kecil, dan 1 bayi dalam 1 motor. Wuaduh bisa dibayangkan brothers and sisters betapa berbahayanya ini. Setahu gw klo semakin berat muatan dalam 1 motor maka akan semakin sulit bagi kita untuk mengendalikan kestabilan dari motor tersebut. Kan bisa kalau bawa sekeluarga gitu mbok ya naik angkutan umum gitu, memang mungkin lebih banyak keluar duit tapi pilih mana dengan 4 nyawa yang ditanggung oleh sang pengendara motor yang kikir nan pelit ini! Beli motor bisa, masa bayar angkutan umum gak bisa seh!

3. Ngaco Absolut

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang terdapat dalam Artikata.com, kata absolut merupakan kata adjective yang memiliki pengertian tidak terbatas; mutlak; sepenuhnya, serta tidak dapat dipungkiri lagi. Jadi kalau gw rangkumkan arti dari ngaco absolut itu adalah ngaco yang benar-benar sepenuhnya mutlak dan tidak dapat dipungkiri lagi. Dan sesungguhnya jenis ini adalah jenis ke'ngaco'an tertinggi untuk pengendara-pengendara motor. Oke langsung aja, ciri-ciri pengendara motor yang ngaco absolut:
  • Gak pakai helm di jalanan kota

     

     

    Bagi gw pengendara motor yang gak pakai helm di jalanan kota itu bener-bener ngaco absolut coy. Padahal ya helm itu sangat penting dalam berkendara motor, diantaranya: dapat melindungi kepala dari risiko fatal kecelakaan, mengurangi serbuan debu dan angin ke wajah pemotor, serta mengurangi silau cahaya yang menerpa mata kita. Biasanya yah pengendara motor yang gak pake helm itu alasannya karena malas pakai helm dan juga gak punya duit buat beli helm SNI. Dua alasan ini gak bisa diterima coy! Yang pertama karena malas, menurut gw pakai helm dalam berkendara motor itu ibarat pakai baju dan celana yang saling melengkapi. Yah kalau mau pakai motor, harus-kudu-wajib pakai helm donk, karena kecelakaan itu gak kenal jarak bisa terjadi kapan saja. Yang kedua gak punya duit buat beli helm SNI, come on guys!!! beli motor bisa tapi kok beli helmnya gak bisa. ngaco dah!!

  • Plat motor udah kadaluarsa banget

     

     

    Gw curiga nih coy sama ciri pengendara motor ngaco ini, jangan-jangan mereka ini adalah  pembeli motor dari pelaku curanmor atau bahkan mereka adalah pelaku curanmor nya. Karena memang banyak data yang menunjukkan kalau motor-motor curanmor itu plat motornya udah banyak yang jatuh tempo abis alias kadaluarsa banget. Jadi, kalau kata Bang Napi kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, tapi kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan, waspadalah!! waspadalah!!

    PS: Makanya kalau tidak mau dicurigai sebagai curanmor atau pembeli motor hasil curanmor, secepatnyalah coy perpanjang plat motornya yang memang udah jatuh tempo!!

  • Suka terobos trotoar dan jalur busway

     

     

     

     

    Ciri ini sering marak terjadi di jalanan kota, biasanya kalau terjadi kemacetan yang cukup dahsyat coy. Pengendara motor ngaco itu memang gak pernah kehabisan akal licik nan bulus untuk melakukan terobosan dalam menghindari kemacetan. Contoh terobosan yang pertama adalah lewat trotoar. Nah ini gw juga punya pengalaman saat gw lagi asik-asik jalan di trotoar tiba-tiba..Tiiiiiiinnn tiiiiiiiinnnn, Anjriiiit busyeet! kaget gw dibuatnya coy(untung jantung gw gak copot), ternyata udah ada banyak motor di belakang gw yang pengen menghindari jalanan macet parah disitu. Otomatis ya gw minggir sedikit sama tuh pengendara-pengendara motor ngaco yang pada mau lewat sambil teriak: Woooii kok pada lewat sini lo pada!!(emosi tingkat dewa). Terobosan yang kedua adalah lewat busway. Ini coy contoh yang sering makan banyak korban jiwa di busway, kebanyakan dari korban jiwa ini karena mereka gak lihat kalau ada busway dengan kecepatan tinggi di belakang mereka. Sungguh tragis, ironis, dan dramatis coy!

  • Suka nikung gak kira-kira

     

     

    Ini kebiasaan ngaco absolut yang sering buat kesel pengendara mobil pada khususnya. Gw pernah ngeliat nih ada mobil yang mau belok ke kiri udah bagus-bagus dia pasang lampu sen, eehh tiba-tiba ada pengendara ngaco absolut  nikung dari kiri. Untung gak terjadi tabrakan tapi yang parah adalah tuh pengendara motor malah marah-marah dan maki-maki pakai bahasa dunia safari lagi. Bener-bener gak tahu diri dah nih orang, dia yang salah malah dia yang marah. ngaco absolut dah!

  • Geng motor preman

     

     

    Ciri yang satu ini yang paling update dan heboh nih akhir-akhir ini. Biasanya geng-geng motor ini suka konvoi gak resmi gitu, berasa jalanan kota punya mereka sendiri, seneng tawuran, seneng ngerusak, bahkan oleh aksi premanisme geng-geng motor ini udah makan banyak korban jiwa loh. ngaco dah! Gw heran di jaman yang katanya demokrasi ini kok masih ada aja aksi premanisme anarkis kayak begini, apa sebenarnya yang mereka cari ya, popularitas? kekuasaan? Tapi gak gituu juga kalee coy! Gak kasian apa sama keluarga dari korban jiwa, gak berpikir apa jadinya kalau salah satu dari keluarga geng motor preman ini menjadi korban premanisme juga? kejaamnya dunia ini coy, terlaluuu! Tapi gw sih setuju-setuju aja coy kalau memang ada geng motor, tapi geng motor yang damai, baik hati, ramah, dan membantu sesama yang membutuhkan. Itu baru kereen nan mantap!

Oke guyss sekian tulisan pertama dari blog gw ini yang berkisah tentang jenis-jenis dan ciri-ciri pengendara motor ngaco, sesuai dengan pengalaman sehari-hari yang gw dapat. Gw harap sih semoga bisa memberikan informasi, menghibur, dan bermanfaat buat kalian yang baca. Oh ya dan gw minta maaf kalau ada yang tersinggung sama tulisan gw ya, it's just my opinion dude..Danke und Tschüss!

2 komentar:

  1. makasi sobat tuk artikelnya...

    artikelnya sangat bermannfat sekali

    BalasHapus
  2. bagus nih tampilannya mas,
    konten blog juga oke,
    mantap...

    BalasHapus